Kondisi di Lapangan Berbeda dengan Isu yang Beredar, Tim Panja Vale Komisi VII DPR: Ini Sejalan Visi Pemerintah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SOROWAKO - Komisi VII DPR RI menemukan sederet kondisi faktual perihal aktivitas pertambangan nikel di Blok Sorowako-Luwu Timur, Sulawesi Selatan, pada saat melaksanan kunjungan kerja spesifik di wilayah konsesi milik PTVI tersebut.

Adapun kunker spesifik itu merupakan rangkaian dari Panitia Kerja (Panja) Vale Komisi VII yang bertujuan mendalami perpanjangan izin operasi PT Vale Indonesia Tbk atau PTVI dalam mengelola Blok Sorowako dan blok nikel lainnya yang ada pada wilayah konsesi di Pulau Sulawesi.

Pada kunjungan tersebut, Anggota Komisi VII Andi Ridwan Wittiri selaku ketua tim mengemukakan bahwa pihaknya telah menghimpun sejumlah data faktual yang menegaskan kegiatan pertambangan di wilayah konsesi perseroan telah dijalankan dengan sangat baik.

Bahkan, dia menyebut jika secara umum jika isu-isu negatif yang berkembang selama ini terkait sosial ekonomi dan lingkungan, justru berbanding terbalik dengan kondisi rill yang ada di Blok Sorowako PTVI.

"Kami juga melihat secara langsung kegiatan operasional PT Vale Indonesia Tbk, dan penerapan kaidah kaidah Good Mining Practice dalam setiap tahapan kegiatan usaha pertambangan yang dilakukan. Dan ternyata itu dijalankan dengan baik, berbeda dengan isu yang beredar selama ini," ungkap Ridwan Wittiri saat kunjungan berlangsung di area pertambangan, Kamis (15/9/2022). 

Pada aspek Good Mining Practice, selain menaati regulasi dan cara kerja pertambangan, perusahaan nikel tersebut juga punya motivasi positif dengan mengupayakan penggunaan energi hijau (green energy) dengan menginisasi penggunaan truk elektrik.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan