Mulai Desember 2022, Yatim Piatu Mendapat Jatah Bansos Rp200 Ribu per Bulan

  • Bagikan
Mensos Tri Rismaharini. (Tangkapan layar YT Sekretariat Presiden)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk anak yatim piatu sebesar Rp 200.000 per bulan mulai Desember mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Jokowi dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah hari ini, Jumat (16/9).

Risma mengungkapkan, bantuan tersebut akan menggunakan dana tambahan yang telah diterima Kemensos dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebesar Rp 400 miliar. Adapun target penerimanya sebanyak 946.863 anak yatim piatu di Indonesia.

“Kami juga dapat tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan sebesar Rp 400 miliar. Itu akan kami gunakan di bulan Desember, kami akan menyerahkan kurang lebih targetnya anak yatim piatu itu 946.863 anak, per anak 200 ribu per bulan,” ungkap Risma, sapaan Mensos.

Selain bantuan anak yatim piatu, Risma juga memastikan pihaknya telah mengusulkan bantuan untuk lansia tunggal di atas usia 80 tahun dan difabel agar bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp 21.000 per hari.

Risma menuturkan, bantuan lansia tunggal yang tidak berdaya akan diberikan dalam bentuk makanan. Nantinya, pemerintah akan menitipkan uang kepada RT atau RW setempat sebagai modal untuk memberi makanan setiap hari.

“Lansia tunggal dia atas usia 80 tahun yang mereka tidak ada yang merawat, sendiri, akan kita berikan makanan setiap hari. Nanti uangnya dititipkan ke Pak RT dan Pak RW untuk mereka memberikan makanan kepada lansia yang sudah tidak berdaya dan dia tidak ada keluarganya, jadi lansia tunggal,” tuturnya.

  • Bagikan