Muncul Isu Maju Cawapres di 2024, Jokowi Tegaskan Ini…

  • Bagikan
Presiden Jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal muncul wacana dirinya bisa maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Jokowi menyampaikan, sudah banyak memberikan penjelasan terkait isu presiden tiga periode dan perpanjangan masa jabatan presiden. Karena itu, Jokowi menegaskan isu-isu itu bukan berasal dari dirinya.

“Sejak awal saya sampaikan, bahwa ini yang menyampaikan bukan saya,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/9).

“Urusan tiga periode sudah saya jawab. Begitu saya jawab, muncul lagi yang namanya perpanjangan, juga sudah saya jawab,” tegasnya.

Terkait dengan wacana calon wakil presiden (cawapres), Jokowi kembali menegaskan isu itu juga bukan darinya. Namun, kali ini dia tak mau lagi memberi penjelasan.

“Ini muncul lagi jadi wapres, itu isu dari siapa? Kalau dari saya, saya terangkan. Kalau bukan dari saya, saya nggak mau terangkan,” tegas Jokowi.

Isu wacana Jokowi bisa maju sebagai cawapres 2024 berawal dari pernyataan Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono. Dia menyebut tidak ada aturan yang melarang seorang presiden yang sudah menjabat dua periode, maju sebagai cawapres.

“Soal Presiden yang telah menjabat dua periode lalu mencalonkan diri sebagai m cawapres, itu tidak diatur secara eksplisit dalam UUD,” ucap Fajar Laksono kepada wartawan, Senin (11/9).

Karena itu, Fajar menuturkan tidak terdapat adanya larangan bagi presiden dua periode untuk menjadi wakil presiden di periode berikutnya.

  • Bagikan