Survei Polstat, Prabowo Subianto Duduki Peringkat Teratas Elektabilitas Capres 2024

  • Bagikan
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak hanya menduduki peringkat satu pada elektabilitas calon presiden 2024, ia juga berada pada puncak elektabilitas tokoh sentral partai politik. Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Political Statistics (Polstat).

Peneliti Senior Polstat Zaki Darmawan Sharazani mengatakan, Prabowo mendapatkan elektabilitas sebesar 34,2 persen sebagai tokoh sentral partai politik. Prabowo berada di atas dari para tokoh partai politik lainnya.

“Hasil survei Polstat mengindikasikan bahwa bagian terbesar responden atau 34,2 persen mengaku akan memilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto,” kata Zaki dalam siaran daring, Jumat (16/9).

Posisi Prabowo berada di atas Puan Maharani yang mendapatkan persentase sebesar 20,5 persen, Airlangga 17,3 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 16,9 persen.

“Sementara itu Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Presiden PKS Ahmad Saikhu, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketum PAN Zulkifli Hasan elektabilitas belum signifikan,” ucap Zaki.

Sedangkan mengenai partai yang akan dipilih publik, survei Polstat menyatakan PDI Perjuangan masih berada di puncak dengan 22,6 persen, disusul Partai Gerindra 16,8 persen, Partai Golkar 10,5 persen dan Partai Demokrat 10,1 persen.

“Namun tingkat keterpilihan PDI Perjuangan tersebut bisa saja disalip Partai Gerindra jika tokoh sentral partai banteng itu (Puan Maharani) tidak ikut nyapres,” ujar Zaki.

Survei Polstat kali ini dilakukan pada 1-10 September 2022 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang sudah punya hak pilih 17 tahun ke atas.

  • Bagikan