Ada 512.997 Ormas di Indonesia, Bamsoet Ajak Rekatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Jadi pembicara dalam Musyawarah Nasional (Munas) organisasi masyarakat (Ormas) SC 234, Ketua MPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo, mengajak ormas merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kehadiran ormas tidak boleh menjadi sarana untuk membangun sekat-sekat yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi duri dalam daging bagi pembangunan," ujar Bamsoet, Sabtu (17/9/2022).

Dalam konsepsi organisasi kemasyarakatan (ormas) modern, menurutnya penyelenggaraan MUNAS selalu memiliki makna strategis, baik ke dalam maupun ke luar.

Secara internal kelembagaan, penyelenggaraan MUNAS dapat menjadi momentum untuk memperkokoh soliditas dan solidaritas organisasi, memperdalam internalisasi visi-misi organisasi.

Merujuk pada data Kementerian Dalam Negeri, hingga bulan Juni 2022, tercatat sudah ada 512.997 ormas di Indonesia.

Di satu sisi, banyaknya ormas mengindikasikan bahwa kehidupan berdemokrasi Indonesia berjalan di jalur yang tepat, di mana hak-hak konstitusional warga negara untuk berserikat dan berkumpul dalam sebuah wadah organisasi, terjamin dan terlindungi.

Dalam kesempatan ini, Bamsoet memberikan apresiasi atas peran dan kontribusi 234 SC di berbagai daerah, yang telah mengabdikan diri pada kepentingan masyarakat melalui kerja-kerja sosial.

Seperti halnya pemberian bantuan kepada korban bencana alam, bantuan sembako kepada masyarakat miskin, bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi, serta berbagai aksi kemanusiaan lainnya.

  • Bagikan