Daftar Tokoh Berpengaruh di Semester Awal Pemerintahan Jokowi, Ada Nama Panglima TNI hingga Mahfud MD

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) Budi Gunawan, dinilai menjadi tokoh yang berpengaruh dari hasil rapor kerja selama pemerintahan Jokowi disemester pertama, tahun 2022.

Pernyataan ini diungkap dari hasil survei lembaga pemilih Indonesia (LPI) yang dilakukan oleh kelas menengah intelektual. Dimana terdapat sejumlah nama tokoh Indonesia yang berkontribusi baik untuk negara.

"Budi Gunawan merupakan tokoh yang paling berpengaruh. Indikator pengaruh yang berbasis pada kepiawauan seorang pemimpin, baik dalam perumusan kebijakan agenda program, dan juga mempunyai pengaruh positif terhadap sejumlah rumusan program", pungkas Febri Wahyuni, Peneliti LPI, Sabtu (17/9/2022).

Tidak hanya Budi Gunawan, tetapi nama Panglima TNI Jendra Andika Perkasa, Kapolri Jendral Listyo Sigit, juga menjadi tokoh yang berpengaruh karena memiliki kontribusi baik dalam mengawal demokrasi di Pemerintahan.

Kemudian juga ada sejumlah nama dari lingkaran kementerian seperti Sri Mulyani, Erick Thohir dan juga Mahfud MD, yang berperan baik dalam menjaga stabilitas ekonomi dan politik di Indonesia.

"Jalannya roda pemerintahan itu sangat ditentukan oleh satu kualitas atau kredibilitas dari individunya, dan juga kepercayaan publik, Nah untuk mendapatkan kepercayaan publik maka perlu ada konsep dan juga mesti ada konsistensi dengan tindakan politik," ujar Pendiri LPI, Boni Hargens .

Ancaman sosial kesehatan ekonomi yang berkaitan covid-19, dan ancaman inflasi ekonomi perang Ukraina Rusia, dan juga persoalan internal negara, menjadi alasan utama sejumlah nama tokoh tersebut, memiliki kontribusi yang baik dalam Pemerintahan Jokowi. (riki/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan