Parpol Main Catut Nama Warga, Komisioner KPU Bilang Begini…

  • Bagikan
Bendera partai politik

Artikel ini telah tayang diJPNN.comdengan judul
"Parpol Main Catut Nama Warga, Cakra Budaya: Silakan Lapor ke KPU atau Bawaslu",
https://bali.jpnn.com/politik/18249/parpol-main-catut-nama-warga-cakra-budaya-silakan-lapor-ke-kpu-atau-bawaslu?page=2

FAJAR.CO.ID, BALI-- KPU Buleleng mempersilakan masyarakat setempat untuk melaporkan ke pihaknya maupun ke Bawaslu merespons keluhan warga yang namanya dicatut sebagai anggota partai politik (parpol).

Warga juga bisa melapor secara daring melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). “Harus ditindaklanjuti kalau memang tidak bersedia sebagai anggota parpol. Bisa mengajukan keberatan di Sipol atau datang langsung ke KPU untuk melakukan klarifikasi,” ujar Komisioner KPU Buleleng Nyoman Cakra Budaya.

Nyoman Cakra Budaya mengatakan bahwa KPU Buleleng akan melibatkan liaison officer (LO) parpol terkait yang mencantumkan nama warga. “Tindak lanjut ini dapat dilakukan sebelum penetapan anggota parpol peserta Pemilu 2024 pada 14 Desember 2022 depan,” kata Cakra Budaya dilansir dari laman Pemkab Buleleng.

Terkait pendataan peserta pemilu, Cakra kini tengah melaksanakan verifikasi pemutakhiran faktual daftar pemilih berkelanjutan, mengerahkan jajaran 10 tim verifikasi yang menangani data pemilih se-Buleleng. Menurut Cakra Budaya, pemutakhiran data penting untuk data pemilih agar lebih akurat, sehingga bisa memaksimalkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. 

Selain itu penyandingan data juga pihaknya lakukan agar tidak terjadi NIK ganda, alamat serta nama yang berbeda dari data yang terdaftar. (JPNN)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan