Pemuda Saleh Lebih Mulia di Sisi Allah SWT Dibanding Orang Tua yang Taat, Kenapa?

  • Bagikan
Ilustrasi pemuda saleh

FAJAR.CO.ID-- Generasi muda merupakan generasi penerus agama dan bangsa. Semangat pemuda dalam sejarah Indonesia tertuang pada momentum sumpah pemuda yang punya dampak baik pada agama, bangsa, dan negara.

Pemuda yang dibutuhkan di zaman sekarang berupa agen perubahan yang peka dan tanggap dalam merespon keadaan di sekitarnya. Pada era kecanggihan teknologi dan kemudahan akses, generasi muda diharapkan mampu memberikan perubahan besar ke arah yang lebih baik.

Pemuda yang sedang berkembang di masa sekarang karib disebut generasi Z. Menurut wikipedia, generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1996 sampai dengan tahun 2012 masehi. Generasi Z adalah generasi setelah Generasi Milenial, generasi ini merupakan generasi peralihan Generasi Milenial dengan teknologi yang semakin berkembang.

Sementara dalam Islam, seorang muslim harus paham dengan tanggung jawabnya. Begitu juga, dengan tanggung jawabnya pada masa muda. Karena, manusia akan di minta pertanggung jawaban pada masa mudanya.

Dalam hadits disebutkan “engkau habiskan untuk apa masa mudamu? Rasulullah bersabda (tidak akan bergeser kaki anak adam “manusia” pada hari kiamat nanti dihadapan rabb-Nya)". (HR. Tirmidzi no. 2340).

Sebagai seorang pemuda, harus memiliki peran dalam menyebarkan agama Islam maupun peran perubahan untuk bangsa. Jangan sampai terlena dan mengikuti arus globalisasi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Mendiang Syekh Ali Jaber pernah berpesan dalam ceramahnya, Allah tidak akan tanya nanti di akhirat berapa usia seseorang, tetapi ditanya apa isi usianya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

  • Bagikan