Persebaya Dinilai Bisa Terancam Sanksi tanpa Penonton di Kandang

  • Bagikan
Petugas pemadam kebakaran dan polisi berusaha memadamkan api di papan reklame yang dibakar oleh bonek di Stadion Gelora Delta Sidoarjo (15/9). (Angger Bondan/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Disiplin (Komdis) PSSI sudah memasang kuda-kuda untuk memberikan sanksi terkait insiden perusakan yang dilakukan pendukung Persebaya Surabaya.

Insiden itu terjadi di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (15/9) lalu. Salah satu opsi sanksi yang sangat mungkin diambil adalah melarang suporter untuk hadir di laga kandang Persebaya.

’’Semua kemungkinan sanksi bisa terjadi. Sekarang kami menunggu laporan dari match commissioner. Begitu laporan datang, kami akan langsung pelajari. Melihat apa persoalannya,’’ ucap Ketua Komdis PSSI Erwin Tobing saat dihubungi Jawa Pos tadi malam.

Erwin sangat menyesalkan ulah suporter di Gelora Delta. Menurut dia, di zaman sekarang, perusakan sarana dan prasarana stadion tak patut lagi terjadi.

’’Saya kira mereka sudah bisa berubah. Sebab, Indonesia mau menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Seharusnya dari sekarang kita mulai menyiapkan diri sebagai tuan rumah, pemain, dan penonton,’’ terangnya.

Erwin berharap kejadian itu tidak terulang.

’’Seharusnya kita bangga bisa juara AFF U-16. Ke depan kita harus lebih baik. Untuk itu, saya minta pengendali suporter mengendalikan kelompoknya agar tidak brutal. Boleh protes, tapi ada mekanismenya. Jangan merusak sarana-prasarana stadion,’’ tegasnya. (jpc)

  • Bagikan