Gempa Magnitudo 6,8 Guncang Taiwan, Survei Geologi AS Keluarkan Peringatan Tsunami

  • Bagikan
Gambar USGS (Channel News Asia)

FAJAR.CO.ID, TAIWAN -- Selama dua hari berturut-turut, Taiwan diguncang gempa. Hari ini, Minggu (18/9), gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang negara yang diklaim masuk kawasan Tiongkok itu. Kemarin, Sabtu (17/9) kekuatan gempa yakni 6,5.

Bahkan Survei Geologi AS mengukur gempa Taiwan memiliki kekuatan 7,2 skala Richter dan pada kedalaman 10 kilometer (Km). Pusat Peringatan Tsunami AS telah mengeluarkan peringatan tsunami di Taiwan.

Dikatakan gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi dalam jarak 300 Km dari pusat gempa di sepanjang pantai Taiwan. Saat ini status tsunami masih diberlakukan.

Jepang juga Terdampak

Dilansir dari Channel News Asia, Minggu (18/9), badan cuaca Jepang mengeluarkan peringatan untuk gelombang tsunami satu meter untuk bagian dari prefektur Okinawa setelah gempa. Otoritas mengatakan bahwa gempa terjadi pada pukul 14:44 sekitar 50 Km sebelah utara kota Taitung.

Media Taiwan mengatakan, sebuah bangunan bertingkat rendah yang menampung sebuah toko serba ada runtuh. Dan setidaknya satu gerbong kereta tergelincir di sebuah stasiun di pantai timur.

Belum jelas apakah ada korban jiwa. Ini adalah gempa kedua yang melanda Taitung dalam beberapa hari. Pada hari Sabtu (17/9) gempa berkekuatan 6,5 terjadi tepat setelah pukul 21:30 sekitar 50 Km utara kota pesisir Taitung pada kedalaman 10 Km.

Gempa itu bisa dirasakan di seluruh Taiwan, menurut biro cuaca pulau itu. Bangunan berguncang sebentar di ibu kota Taipei. (jpg/fajar)

  • Bagikan