Kecelakaan Bus Paling Mematikan di Guizhou, 27 Orang Tewas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GUIZHOU -- Kecelakaan bus terjadi di pedesaan provinsi Guizhou, wilayah Cina barat daya pada hari Minggu (18/9). 27 orang dilaporkan tewas dan 20 lainnay terluka. Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) tersebut menjadi paling mematikan di negara itu sepanjang tahun ini.

“Kecelakaan itu terjadi di jalan raya di pedesaan provinsi Guizhou ketika kendaraan yang membawa 47 orang terbalik”, kata polisi daerah Sandu dalam sebuah pernyataan.

Responden darurat dikirim ke tempat kejadian dan 20 orang lainnya dirawat karena cedera. Kecelakaan itu terjadi di prefektur Qiannan, bagian Guizhou yang terpencil dan bergunung-gunung. Dimana itu menjadi rumah bagi beberapa etnis minoritas.

Sementara itu pengguna media sosial marah dan menuntut untuk mengetahui mengapa sebuah bus penumpang itu melakukan perjalanan di jalan raya pada dini hari. Karena saat itu banyak jalan utama di provinsi tersebut telah ditutup untuk lalu lintas reguler.

Diketahui seratus stasiun tol ditutup di Guizhou karena pembatasan COVID-19 dan perjalanan penumpang jarak jauh di seluruh China dilarang beroperasi antara pukul 02.00 dan 05.00.

Guizhou berada di tengah wabah COVID dimana 900 infeksi baru dalam dua hari terakhir saja. Ibukota provinsinya, Guiyang, rumah bagi enam juta penduduk, ditutup pada awal September.

Bus itu melaju ke selatan menuju Guiyang ke kabupaten Libo, menurut pernyataan polisi. Kecelakaan di jalan raya masih sering terjadi di China di mana penegakan yang tidak teratur dan standar keselamatan yang lemah telah mengakibatkan banyak kematian selama bertahun-tahun. (jpg/fajar)

  • Bagikan