Profesor Azyumardi Azra, Inspirasi Belajar dan Berbagi

  • Bagikan

Oleh: Yanuardi Syukur

(Anggota Komisi Hubungan Luar Negeri MUI)

Pertengahan 1999. Itu kali pertama saya melihat Profesor Azyumardi Azra pada tahun kedua kepemimpinannya sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Selanjutnya, nama Profesor Azra saya baca lewat berbagai publikasinya. Dalam sebuah sarapan pagi di Washington, DC. seorang kawan bercerita tentang semangat Profesor Azra dalam mendidik generasi muda agar jadi intelektual yang berdampak luas. Ibarat kata, beliau pribadi yang senang memberikan support kepada mereka yang ingin maju, terutama dalam pendidikan.

Pada satu kesempatan, saya mendengarkan dari dekat penjelasan Profesor Azra terkait Buya Hamka. Saya duduk di bagian kanan di Rumah Kelahiran Buya Hamka di Maninjau, Sumatera Barat. Profesor Azra menceritakan sosok Hamka yang sangat bersemangat dalam belajar, menulis, dan berdampak bagi bangsa dan negara.

Saya lihat beliau adalah pribadi yang senang betul berbagi ilmu. Komisi Hubungan Luar Negeri MUI pernah buat Webinar Internasional terkait Amerika Serikat, 9 April 2021 dan beliau hadir. Beliau bahkan membuatkan membuat makalah untuk itu berjudul: ‘Membaca Arah Kebijakan Presiden Joe Biden Terkait Muslim dan Dunia Muslim’.

"Gesture Positif" tapi Tidak Terburu-buru

Menyoroti Joe Biden, Profesor Azra mengatakan bahwa secara retrospektif, tak kurang pentingnya, Presiden Donald Trump juga menampilkan sikap dan kebijakan anti-Muslim. Dia mengeluarkan Perintah Eksekutif Presiden (Executive Order 13769) yang secara resmi disebut untuk ‘protecting the nation from foreign terrorist entry into the United States’.

  • Bagikan