Pulau Kyushu Jepang Dilanda Topan Dahsyat Nanmadol, 4 Juta Warga Mengungsi

  • Bagikan
Ilustrasi: Jepang dilanda serangan topan berkekuatan dahsyat bernama Nanmadol. Topan Nanmadol yang kuat menghantam pulau utama paling selatan Jepang, Kyushu. (Picture-Alliance)

FAJAR.CO.ID, TOKYO -- Jepang dilanda serangan topan berkekuatan dahsyat bernama Nanmadol. Topan Nanmadol yang kuat menghantam pulau utama paling selatan Jepang, Kyushu. Ribuan orang di tempat penampungan terdampak, 4 juta orang mengungsi.

Topan menghantam pada Minggu (18/9). Badan Meteorologi Jepang (JMA) telah mengeluarkan peringatan khusus untuk Kagoshima dan Miyazaki di wilayah Kyushu.

Topan ini hanya terjadi dalam beberapa dekade. Topan ke-14 musim ini, mencatatkan curah hujan dan banjir memecahkan rekor menurut laporan JMA. Jepang memperingatkan risiko meluapnya sungai.

Dilansir dari Channel News Asia, Minggu (18/9), Kyushu Selatan dapat menerima 400mm hujan selama 24 jam ke depan, sementara wilayah Tokai tengah bisa mendapatkan 300mm hujan. Topan tersebut telah menyebabkan kerusakan di Kyushu selatan termasuk menabrak halte bus di prefektur Miyazaki dan memecahkan jendela pachinko parlor di prefektur Kagoshima, menurut NHK.

Perjalanan Kereta dan Pesawat Dibatalkan

Operator kereta api dan maskapai penerbangan telah membatalkan layanan dan jaringan toko serba ada Seven-Eleven Jepang untuk sementara menutup sekitar 950 toko. Badai diperkirakan akan berbelok ke timur dan melewati pulau utama Jepang Honshu sebelum pindah ke laut pada hari Rabu pekan depan.

Hujan deras pun mengguyur ibu kota Tokyo, membanjiri kereta bawah tanah Tozai. Pada Minggu pagi, hujan lebat dan angin kencang melanda daerah di pulau selatan Jepang, dengan hampir 98 ribu rumah tangga di Kagoshima, Kumamoto, Nagasaki dan Miyazaki sudah tidak memiliki listrik. Kereta api, penerbangan dan perjalanan feri dibatalkan sampai badai berlalu.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan