Segini Besaran Kekayaan Mendiang Ratu Elizabeth II Serta Warisan untuk Anaknya

  • Bagikan
Ratu Elizabeth II semasa hidup (AFP)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sepeninggal Rati Elizabeth II, tonggak kepemimpinan diserahkan kepada Raja Charles III. Sang Raja kini tengah menjalankan tugasnya sebagai pemimpin baru kerajaan Inggris. 

Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September dan jenazahnya masih disemayamkan hingga senin (19/9) di Westminster Hall, Inggris.

Lalu, mungkin Anda penasaran dengan berapa besaran kekayaan mendiang ratu dan berapa warisan yang diturunkan kepada anaknya. 

Menurut laporan majalah Forbez memperkirakan sumber kekayaan mendiang Ratu Elizabeth berasal dari perhiasan, investasi, kepemilikan benda bersejarah, real estate yakni istana Balmoral serta rumah Sangringam di Inggris. 

Jika dijumlahkan jumlah kepemilikan aset sang ratu mencapai US$ 500 juta. Adapun warisan untuk Raja Charles III dinamakan 'Crown Asset'. 

Crown Asset mendatangkan keuntungan sebanyak US$ 331 juta diberikan ke keluarga kerajaan. Kemudian, properti kerjaan meliputi istana Buckingham, istana Kensington, sejumlah bangunan dan tanah di London yang nilainya diperkirakan mencapai US$34 Miliar. 

Dilaporkan pula sebelum Raja Charles naik tahta, dia adalah Duke (Adipati) of Cornwall. Menurut Fortune, terdapat US$ 1,3 miliar. Dari sini ia mendapatkan fee US$24 juta. 

Status ini kemudian diwariskan kepada pangeran William sebagai Price of Wales dan Duke of Cornwall. Warisan yang didapatkannya berkisar US$21 miliar. Ini didapat dari jabatan adipatinya, properti serta investasi. 

Warisan dan properti kerajaan tidak akan dikenai pajak. Hal ini sesuai dengan Konstitusi yang berlaku di Inggris. Sehingga kekayaan mendiang Ratu Elizabeth II dan anak-anaknya bebas pajak. (Elva/Fajar). 

  • Bagikan