Anies Baswedan Nyatakan Siap Nyapres, PKB dan Gerindra Tutup Pintu

  • Bagikan
Anies Baswedan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) 2024. Orang nomor satu di Jalarta itu siap ikut kontestasi apabila ada partai politik yang mengusungnya pada Pilpres 2024.

Merespons hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid meragukan ada partai politik yang ingin mengusung Anies Baswedan untuk melanggeng pada kontestasi Pilpres 2024. Namun, Jazilul mengapresiasi sikap tegas Anies yang ingin maju pada Pilpres 2024.

“Tentu itu hak Pak Anies ya, untuk mencalonkan menjadi calon presiden tapi tidak mudah untuk mencari partai yang nanti akan mengusung Pak Anies,” kata Jazilul kepada wartawan, Senin (19/9).

Pria yang karib disapa Gus Jazil ini mengamini, Anies memang sosok yang menarik perhatian parpol. Namun, ia menilai peluang Anies untuk diusung parpol sebagai capres sangat kecil.

Apalagi, kata Gus Jazil, untuk diusung Partai Gerindra dan PKB. Menurut dia, peluang Anies juga sangat kecil lantaran kedua partai telah berkomitmen terkait capres-cawapres usungan masing-masing.

“Kalau PKB dan Gerindra itu sudah memilih komitmen terkait dengan calon presiden dan wakil presiden itu dibahas oleh Pak Prabowo (Subianto) dan Gus Muhaimin (Iskandar),” tegas Gus Jazil.

Meski demikian, Gus Jazil tak mempermasalahkan kesiapan Anies untuk menjadi capres. Ia menyebut partisipasi Anies di Pilpres 2024 justru menjadi bagian dari kehangatan pesta demokrasi lima tahunan.

“Jadi munculnya Pak Anies jadi calon presiden gak ada masalah buat PKB dan meskipun kami tidak terlalu yakin apakah Pak Anies nanti ada partai yang akan mengusungnya,” ucap Anggota Komisi III DPR RI ini.

  • Bagikan