Anies Nyatakan Siap Nyapres Saat Berada di Singapura, ProDEM: Mau Beri Kesan Didukung Asing

  • Bagikan
Anies Baswedan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Ketua Prodem Iwan Sumule menyoroti pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang siap menyatakan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ketika berada di Singapra.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menyebut hal itu ke media luar negeri.

"Kata @aniesbaswedan, "Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya" Di Singapura, mau beri kesan didukung asing," ucapnya dikutip dari Twitter pribadinya, Senin (19/9/2022).

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, siap maju sebagai capres pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Namun, ia akan ikut dalam kontestasi politik itu, apabila ada partai yang mengusung.

Pernyataan ini Anies sampaikan kepada media Reuters Singapura. Anies diketahui beberapa hari belakangan berada di Singapura untuk menerima penghargaan dan kegiatan lainnya.

"Saya siap maju sebagai presiden bila ada partai yang mengusung," ujar Anies mengutip pemberitaan Reuters Singapura, Jumat (16/9/2022).

Selama menjabat sebagai Gubernur DKI, banyak lembaga survei yang menyebut Anies memiliki elektabilitas tinggi berdasarkan hasil jajak pendapat.

Nama Anies masuk tiga besar Capres potensial nasional. Dua nama lainnya, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Anies sendiri mengaku kaget karena elektabilitasnya yang meroket.

"Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye. Saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," katanya.(wartaekonomi/fajar)

  • Bagikan