Batalyon 120 Berganti Nama Jadi Bro 120, Begini Penjelasan Danny Pomanto

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Organisasi masyarakat Batalyon 120 berganti nama menjadi Bro 120.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto menjelaskan alasan pergantian nama organisasi yang terdiri dari mantan narapidana dan anak jalanan tersebut.

Danny-sapaannya mengatakan, pergantian nama itu bukan tanpa alasan. Pasalnya kata dia, dengan nama itu banyak yang salah paham.

“Karena banyak salah paham di nama itu. Jadi kita sepakat mengganti,” ujarnya, ketika ditemui di Kantor DPRD Kota Makassar, Senin, (19/9/2022).

Lebih jauh kata Danny, Bro 120 memiliki makna persaudaraan. Itu yang diharapkan agar para anggota saling merangkul.

“Bro 120, persahabatan. Apa namanya persaudaraan. Bro itukan persaudaraan,” tuturnya.

Hingga saat ini, Batalyon 120 ini terus menuai sorotan setelah 48 anggota dan binaannya sempat tertangkap oleh Tim Thunder Dit Samapta Polda Sulsel.

Meski telah dibebaskan, Batalyon 120 ini tetap menuai kontroversi.

Sebelumnya, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Budhi Haryanto membeberkan alasan pembentukan Batalyon 120.

Pembentukan itu diinisiasi setelah melihat jumlah personil Polri di Makassar terbilang terbatas. Sehingga dibutuhkan kekuatan masyarakat untuk membantu Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat).

“Kenapa kita berinisiasi membentuk batalyon. Pertama, polisi di Makassar jumlahnya terbatas, kita harus mau menggunakan kekuatan masyarakat untuk membantu kantibmas kita,” ujarnya, Senin, (12/9/2022).

Menurutnya, keterlibatan mantan narapidana penting untuk menyadarkan para narapidana lain untuk menjadi baik, untuk bisa menjadi warga yang bermanfaat untuk masyarakat.

  • Bagikan