Bina Pelaku Kriminal, Kombes Budhi Haryanto Beber Strategi seperti Ini

  • Bagikan
Kapolrestabes Makassar, Kombes Budhi Haryanto saat di Redaksi Fajar, Senin, 19 September

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Kapolrestabes Makassar, Kombes Budhi Haryanto mempunyai cara yang sedikit berbeda dalam merangkul dan menyadarkan para pelaku kriminal jalanan.

Harapannya, jika pelaku kriminal sadar dan mampu dibina dengan baik. Maka masa depannya akan lebih cerah. Paling tidak menurut orang nomor satu di Polrestabes Makassar itu, bisa untuk makannya sehari-hari.

"Berdasarkan pengalaman kami dinas, saya melihat agak unik di Makassar ini, uniknya apa? Kita bicara masalah kejahatan, di sini tidak ada loh pak perampokan. Tapi di tempat saya dulu, di Sumatra Utara, tampatnya. Jakarta, apa lagi. Semarang, apa lagi. Di sini gak ada," terang Kombes Budhi Haryanto di Graha Pena (19/9/2022).

Menurutnya, itu merupakan hal yang menarik. Dia melihat kejahatan di Makassar bisa diminimalisir. Dicarikan solusi. Hal yang pertama dilakukan Kombes Budhi, mencari tahu akar masalahnya.

Kombes Budhi tidak ingin kejadian tahu 97 kembali terjadi di Makassar ketika dirinya menjadi Kapolres. Sebagaimana diketahui, saat itu Kota Makassar merupakan pengulangan dari peristiwa-peristiwa kekerasan dengan sentimen etnis yang terjadi dengan pola-pola kejadian yang hampir sama.

Diawali dengan peristiwa kriminal murni yang segera meluas menjadi kekerasan. Kekerasan dengan sentimen etnis dapat dilihat sebagai akumulasi persoalan yang multidimensi yang berakhir dengan wujud serangan kepada etnis Tionghoa.

"Inilah yang menarik saya, sebenarnya kejahatan di sini bisa diminimalisir atau kita carikan solusi. Pemikiran kami saat itu cari tahu akar masalahnya. Nah, sebelum kami ke sini 2022 kemarin, pernah kami ke sini tahun 97 pak," tegas Kombes Budhi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan