Dikecam Aktivis HAM di Inggris, Pangeran MBS Batal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

  • Bagikan
Mohammed Bin Salman

FAJAR.CO.ID, LONDON - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman dipastikan tidak akan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II di London hari ini, Senin (19/9).

Sumber di Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan pembatalan itu dilakukan oleh pihak Saudi sendiri.

Kelompok hak asasi manusia telah mengkritik keputusan untuk mengundang penguasa de facto Arab Saudi tersebut.

Pangeran dengan nama beken MBS itu telah dituduh oleh intelijen Barat memerintahkan pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi pada 2018.

Dia telah berkali-kali menyangkal tuduhan itu. Namun, dugaan tersebut telah cukup untuk membuat citranya hancur di mata publik Barat.

Anak kesayangan Raja Salman itu tak pernah lagi menginjakkan kakinya di tanah Inggris sejak insiden berdarah di Istanbul tersebut.

Baca Juga:
Xi Jinping Pilih Tak Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II
Sumber yang dekat dengan Kedutaan Besar Saudi sebelumnya mengkonfirmasi bahwa Putra Mahkota akan mengunjungi London akhir pekan ini.

Namun, Pangeran Turki al-Faisal, bangsawan senior Arab Saudi lainnya, diperkirakan akan menghadiri pemakaman sebagai gantinya, kata sumber Kantor Luar Negeri.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan undangan kepada Mohammed Bin Salman adalah bentuk pemutihan catatan hak asasi manusia Saudi yang mengerikan. (bbc/dil/jpnn)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan