Drama Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry dan Istrinya Tak Diundang

  • Bagikan
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Simon Dawson/Getty Images)

FAJAR.CO.ID, LONDON-- Drama kembali terjadi di lingkungan kerajaan Inggris. Muncul kabar bahwa Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak diundang ke acara pra-pemakaman atau jelang pemakaman Ratu Elizabeth II. Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II dimakamkan pada hari ini, Senin (19/9).

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengetahui bahwa mereka tidak diundang ke acara pra-pemakaman di Istana Buckingham. Mereka tidak menghadiri acara pada Sabtu (17/9).

The Telegraph yang pertama melaporkan berita tersebut dan alasan keputusan ini awalnya tidak diketahui. Selain itu tidak diketahui tentang siapa yang membuat keputusan tersebut. Akan tetapi, ada bukti menunjukkan bahwa Raja Charles III disebut tidak mengundang mereka. Hal ini seperti dilansir Marca, Senin (19/9).

Harry dan Meghan kemudian diberitahu bahwa hanya bangsawan Inggris yang aktif yang boleh menghadiri acara tersebut. Sebab, menjadi anggota aktif Keluarga Kerajaan lebih merupakan pekerjaan daripada hak istimewa.

Pangeran Harry sendiri melepaskan tanggung jawab itu ketika dia memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat bersama Meghan Markle.

Keputusannya dikritik oleh media dan orang-orang Inggris yang percaya pada Keluarga Kerajaan. Bahkan ada petisi yang menuntut agar gelar Pangeran Harry dan Meghan Markle dicabut. Karena mereka bukan anggota Keluarga Kerajaan yang bekerja, staf dapat dengan mudah menyampaikan alasan kuat kepada Raja bahwa mereka tidak diterima dalam acara resmi seperti itu.

Dalam pandangan mereka, Pangeran Harry dan Meghan Markle sekarang adalah selebriti dan bukan bangsawan. Bagi raja, hanya bangsawan senior yang sering disebutnya ‘The Firm’ yang akan mendapat manfaat dari hak istimewa monarki.

  • Bagikan