Gantikan Anies, PDIP Minta Kemendagri Calonkan Tokoh Perempuan Ini…

  • Bagikan
Sejumlah kader PDI Perjuangan mengibarkan bendera partai PDIP saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di Jakarta, Jumat (10/1/2020). Rakernas I partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih pada tahun 2020 tersebut bertemakan "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional". Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menyertakan nama perempuan sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI.

Menurut Gilbert, tiga nama yang diajukan DPRD DKI adalah laki-laki dan sosok yang ramai beredar di publik sebagai pengganti Anies Baswedan pun merupakan pria.

“Melihat semua calon yang berasal dari DPRD adalah laki-laki, maka ada baiknya Mendagri mengajukan perempuan ada dalam nama calon dari pihak Kemendagri,” ucap Gilbert dalam keterangannya, Senin (19/9).

Anggota Komisi B DPRD DKI itu menuturkan nama perempuan yang masuk sebagai calon Pj gubernur DKI harus mengerti tentang pemerintahan dan dinamika di Jakarta.

“Mereka yang sudah pernah bekerja di Jakarta akan lebih mudah bekerja dan tidak butuh waktu adaptasi,” kata dia.

Gilbert lalu menyebutkan dua perempuan yang bisa disertakan dalam nama calon Pj gubernur DKI.

Yang pertama, Sekjen Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek Suharti yang juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman DKI Suharti.

Sosok kedua Irjen Kemendikbud dan Ristek Chatarina Girsang. Gilbert mengatakan Chatarina punya rekam jejak baik.

Terlebih, Chatarina juga pernah menjabat sebagai Direktur di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"DKI sebagai barometer untuk daerah lain sebaiknya memberikan contoh soal ini. Pilihan akhir tentu di tangan presiden, tetapi mendidik masyarakat agar semakin dewasa berdemokrasi perlu diupayakan," tuturnya.

  • Bagikan