Masuk Deretan Tokoh Paling Berpengaruh di Pemerintahan Jokowi, Pengamat: Integritas Erick Thohir Tinggi Buat Bangsa

  • Bagikan
Menteri BUMN, Erick Thohir

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa memberikan respon dari temuan survei terbaru yang menyebut nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir masuk lima besar tokoh paling berpengaruh di pemerintahan Jokowi.

Pengakuan masyarakat kecil atas kinerja Erick Thohir, menurut Solissa, menempatkan dirinya sebagai prototipe pejabat negara yang sesuai dengan kebutuhan negara saat ini.

“Jokowi beruntung punya menteri seperti Erick yang tidak hanya cerdas tapi juga berintegritas serta memiliki dedikasi tinggi terhadap bangsa dan negara,” kata AB Solissa, saat dihubungi, Senin (19/9).

AB Solissa menyebut hasil temuan survei tersebut datang dari penilaian masyarakat bawah atas kinerja positif Erick Thohir lewat program-program kerja di BUMN.

“Harus diakui bahwa salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju yang memiliki prestasi cukup baik adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Dan hasil survei menempat dia sebagai tokoh berpengaruh itu datang dari pengakuan masyarakat bawah,” ujar AB Solissa

Lanjut AB Solissa, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu memiliki sederet kebijakan yang dianggap berkonstribusi besar terhadap pemerintahan Jokowi dalam dua tahun terakhir. Sebab, bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat paling bawah, yakni program kredit usaha rakyat (KUR), program PNM Mekar dan program lainnya.

“Bahwa program-program Kementerian BUMN itu langsung ke masyarakat bawah, seperti misalnya KUR dan PNM Mekaar. Dua program ini kan syaratnya harus masyarakat kecil yang mau membuka usaha. Coba kalau yang menerima bantuan ini puluhan juta orang, sudah berapa juta orang mendapat lapangan kerja,” ucapnya.

  • Bagikan