Menelisik Peluang NasDem di Sulsel Saat Pemilu 2024, Mampu Menyalip Golkar?

  • Bagikan
rusdi masse

"Anies punya elektabilitas yang bagus di Sulsel, dan Karena Pemilu dan Pilpres bersamaan maka itu menguntungkan bagi NasDem," pungkasnya.

Sedangkan, Pengamat Politik Direktur Profetik Institute, Muh Asratillah menyebut, partai NasDem meiliki kekuatan sehingga masuk pada partai besar sebelumnya.

"Pengamatan saya, ada tiga partai politik yang cukup mendominasi panggun politik Sulsel, yakni Partai Nasdem, Partai Golkar dan Partai Gerindra," katanya.

Untuk kasus Partai NasDem kata dia, ada beberapa variabel yang membuatnya menjadi salah satu parpol dominan di Sulsel. Variabel pertama, dari segi konsolidasi infrastruktur partai politik.

Mulai dari pengurus DPP hingga DPD kabupaten/kota terlihat sangat intens dalam melakukan konsolidasi, baik dalam bentuk rapat kerja, kongres ataupun semacamnya.

"Termasuk keakrifan NasDem dalam merekrut figur-figur lokal yang potensial untuk masuk dalam kepengurusan partai NasDem," jelasnya.

Variabel kedua, mobilisasi politik yang intens walaupun momen pemilihan masih lama. Ini dilihat dari banyaknya inisiatif program yang cukup populis yg diinisiasi dan anggarannya berasal dari pengurus partai, seperti jumat berkah, perbaikan jalan dan sebagainya.

"Tentu hal ini akan memperkuat sentimen positif publik ke Partai NasDem Sulsel," tutur dia.

Variabel ketiga, adalah agresifitas partai NasDem untuk terlibat dalam setiap kompetisi politik yang ada mulai dari pilkada, pilgub bahkan pilpres, ini secara tidak langsung menciptakan persepsi publik bahwa NasDem adalah parpol yg memiliki resource politik yang besar.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan