Mengenang Sosok Azyumardi Azra, Orang Indonesia Pertama yang Bergelar Sir dari Kerajaan Inggris

  • Bagikan
Azyumardi Azra

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Insan pers dan akademik tanah air berduka. Ketua Dewan Pers sekaligus guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra meninggal dunia di Selangor, Malaysia kemarin (18/9) sekitar pukul 12.30 waktu Kuala Lumpur. Sebelum meninggal dunia, Azyumardi sempat dirawat karena Covid-19.

Hingga kemarin sore tim dari KBRI Kuala Lumpur masih melakukan penanganan terhadap jenazah mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

“(Pemulangan jenazah) Masih diurus. Belum tahu kapan, tetapi diupayakan secepatnya,” kata Dubes RI di Kuala Lumpur Hermono.

Dia belum bisa memberikan informasi detail, karena masih memimpin tim penanganan jenazah. Informasi resmi yang diterima KBRI Kuala Lumpur dari RS Serdang, tempat Azyumardi sebelumnya dirawat, akibat kematian karena Acute Inferior Myocardial Infarction.

Atau terdapat kelainan pada jantung. Azyumardi dinyatakan meninggal dunia saat menjalani perawatan intensif di bagian penderita gangguan pada jantung (cardiac care unit/CCU).

Azyumardi masuk rumah sakit di negeri jiran itu karena positif Covid-19 pada 16 September lalu. Dia dirawat setibanya mendarat di Kuala Lumpur. Selama menjalani penerbangan dari Indonesia menuju Malaysia, Azyumardi dilaporkan sempat mengalami sesak nafas.

KBRI Kuala Lumpur menyampaikan perwakilan keluarga, yaitu anak dan istri Azyumardi tiba di Kuala Lumpur pada 17 September. Mereka berdua langsung menjenguk Azyumardi yang dirawat di RS Serdang. Azyumardi berada di Kuala Lumpur dijadwalkan untuk menjadi narasumber pada Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam di Selangor.

  • Bagikan