Nilai Tak Terbukti Terlibat Suap Auditor BPK, Ade Yasin Minta Dibebaskan

  • Bagikan
Ade Yasin dalam persidangan

FAJAR.CO.ID, BANDUNG - Pengacara Ade Yasin, Dinalara Butarbutar minta agar kliennya dibebaskan dari tahanan.

Dia menyebut Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin terbukti tidak bersalah dalam kasus suap auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hal tersebut dikatakan Dinalara Butarbutar dalam sidang pembacaan pledoi di Pengadilan Tipikor Bandung, Jawa Barat.

"Membebaskan terdakwa Ade Yasin dari seluruh dakwaan, membebaskan dari dalam tahanan, memulihkan harkat martabat dan nama baik terdakwa dalam keadaan semula, membebankan biaya perkara kepada negara," katanya dalam sidang yang diketuai Hera Kartiningsih di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin, 19 September 2022.

Dia juga meminta agar hakim memerintahkan kepada KPK agar mengembalikan barang bukti kepada kliennya berupa ponsel, dan satu buah amplop berisi uang dengan nilai total 2.770 dolar AS.

Tim penasihat hukum Ade Yasin, dengan tegas akan melakukan upaya hukum lainnya jika hakim memutuskan kliennya bersalah meski hanya dengan menjatuhkan hukuman kurungan satu hari.

"Terdakwa dituntut satu hari pun kami akan tetap melakukan pembelaan upaya hukum, karena terdakwa tidak bersalah, dan terdakwa bukanlah pelaku tindak pidana korupsi tersebut," katanya.

Dinalara menyebutkan bahwa Ade Yasin merupakan korban konspirasi dari pihak yang ia diduga memiliki kepentingan hukum, dengan cara menarik-narik keterlibatan kliennya terhadap tindak pidana yang dilakukan oleh terdakwa lainnya, yakni pegawai Pemkab Bogor.

Hal itu ia buktikan dengan tidak adanya uraian jaksa KPK yang menyebutkan Ade Yasin tertangkap berdasarkan operasi tangkap tangan (OTT).

  • Bagikan