Pemerintah Jor-joran Bangun Bandara, yang Jadi Malah Sepi, Politikus PKB: Serahkan Negara Ini Pada Mandor, Tak Perlu Ada Presiden dan Menteri

  • Bagikan
Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Luqman Hakim. Foto: dok Luqman Hakim

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI Luqman Hakim singgung pembangunan bandara yang dilakukan pemerintah secara jor-joran.

Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah ini bahkan menyebut, selama ini pemerintah melakukan pembangunan tanpa perencanaan yang matang.

“Proyek-proyek tak berguna untuk rakyat seperti ini, bisa dihindari jika pemerintah punya perencanaan pembangunan nasional yang matang,” sindir Luqman Hakim melalui akun Twitter pribadinya, Senin (19/9/2022).

Jika pemerintah hanya sekadar menjalankan proyek kata Luqman, pekerjaan tersebut kata dia lebih baiknya dikerjakan mandor proyek saja.

“Jika skedar jalanin proyek, serahkan negara ini pada mandor-mandir proyek. Tak perlu ada presiden dan menteri,” tegas Luqman Hakim.

Beberapa waktu terakhir banyak bandara yang sepi penumpang bahkan tidak beroprasi. Pasalnya, pembangunan bandara diketahui menelan anggaran yang tidak sedikit.

Beberapa bandara yang sepi itu antara lain, Bandara JB Soedirman di Purbalingga, Bandara Ngloram di Blora, Bandara Wiriadinata di Tasikmalaya dan Bandara Kertajati di Majalengka.

Sementara itu, di sisi lain pemerintah masih akan membangun 10 bandara lagi. Bandara tersebut ditarget rampung pada 2024.

Di antaranya Bandara Siau, Sulawesi Utara, Bandara Tambelan, Riau, Bandara Nabire, Papua, Bandara Siboru, Papua, Bandara Mentawa, Sumatra Barat, Bandara Mandaliking Natasl, Sumatera Utara, Bandara Pohtuwatu, Gorontalo, Bandara Boolang Mongondow, Sulawesi Utara, Bandara Banggai Laut, Sulawesi Tenggara, Bandara Singkawang, Kalimantan Barat.(Arya/Fajar)

  • Bagikan