Perebutan Sepatu Emas Eropa: Haaland Masih Posisi Kedua

  • Bagikan
Erling Haaland/Man City

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Perebutan penghargaan European Golden Boot atau Sepatu Emas Eropa musim 2022/2023 berpeluang melahirkan pemenang baru. Satu nama yang jadi favorit adalah Erling Haaland.

Penyerang Manchester City itu  saat ini sudah mencetak 11 gol dalam tujuh pertandingan Premier League. Jumlah itu menempatkan dirinya di posisi kedua klasemen European Golden Boot.

Dengan 11 gol itu, penyerang tim nasional Norwegia itu kini mengantongi 22 poin. Itu adalah hasil pengalian jumlah gol dan koefisien Liga Inggris (2).

Saat ini, pemimpin klasemen European Golden Boot adalah penyerang FK Bodo/Glimt, Amahl Pellegrino. Pemain berusia 32 tahun itu sudah melesakkan 19 gol dalam 19 pertandingan musim ini.

Karena koefisien Liga Norwegia hanya 1,5, maka Amahl Pellegrino saat ini mengumpulkan 28,5 poin. Dan jelas posisinya dalam jangkauan Haaland.

Di peringkat ketiga ada nama Alexander Jeremejeff. Penyerang BK Häcken itu total sudah melesakkan 21 gol. Jeremejeff ada di posisi ketiga dengan 21 poin sebab Liga Swedia hanya memiliki koefisien satu.

Peraih dua Sepatu Emas Eropa terakhir, Robert Lewandowski saat ini berada di peringkat ke-10. Bomber Barcelona itu mengantongi 16 poin setelah mencetak delapan gol di La Liga.

Liga Spanyol seperti halnya Liga Inggris, Italia, Jerman, dan Prancis juga memiliki nilai koefisien dua. Lewandowski saat ini memiliki poin sama seperti penyerang PSG, Neymar.

Dengan selisih tiga gol, Lewandowski jelas masih memiliki peluang yang sangat besar untuk mengejar. Begitu juga dengan Neymar atau bomber PSG lainnya, Kylian Mbappe yang sudah mencetak tujuh gol.

  • Bagikan