Survei ARCI, Prabowo Subianto Jadi Capres Favorit di Jawa Timur

  • Bagikan
Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Berdasar survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipilih menjadi calon presiden (capres) favorit warga Jawa Timur.

Itu merupakan hasil survei elektabilitas calon presiden di Jawa Timur. Bahkan, sosok Prabowo Subianto unggul atas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

”Prabowo masih teratas di Jatim, unggul tipis atas Ganjar Pranowo,” tutur Direktur ARCI Baihaki Siraijt, Senin (19/9).

Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September di seluruh 38 kabupaten/kota Jatim. Survei itu menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden sebanyak 1.200 dengan margin of error 2,8 persen.

Berdasar hasil survei, Prabowo unggul di kawasan tapal kuda. Daerah Tapal Kuda didominasi warga Nahdlatul Ulama (NU).

Dia melihat, kekuatan Prabowo di tapal kuda ditopang kader-kader Gerindra yang getol turun di daerah tersebut. Salah satunya adalah Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

”Prabowo unggul di daerah tapal kuda, juga di Madura. Karena basisnya sejak dulu di sana. Ditambah kader-kader Gerindra di tapal kuda ini sangat bergeliat,” terang Baihaki Siraijt.

ARCI lalu membuat simulasi dengan sejumlah nama cawapres. Misalnya, Ganjar Pranowo. Hasilnya Prabowo tetap unggul. Digandeng dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa atau dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Prabowo tetap mengungguli Ganjar Pranowo.

”Faktor lain juga Prabowo sudah menyatakan diri akan maju lagi di Pilpres 2024. Hal ini membuat angka elektabilitas naik. Sedangkan Ganjar belum jelas, partainya dari mana. Sementara Anies Baswedan masih kurang laku di Jatim,” papar Baihaki Siraijt.

  • Bagikan