Susunan Acara Pemakaman Ratu Elizabeth II, dari Westminster Hall hingga Kapel Memorial Raja George VI

  • Bagikan
Foto viral sinar matahari menyorot peti jenazah Ratu Elizabeth. (Twitter/@humanvibration)

FAJAR.CO.ID, LONDON - Setelah disemayamkan selama hampir satu pekan di Westminster Hall, jenazah Ratu Elizabeth II akhirnya akan dimakamkan hari ini, Senin (19/9).

Namun, sebelum sampai ke peristirahatan terakhirnya di Kastil Winsdor, jenazah pemimpin monarki terlama dalam sejarah Inggris itu masih harus melewati rangkaian ritual yang dimulai sejak tengah hari hingga malam waktu setempat.

Berikut adalah rincian acara pemakaman Ratu Elizabeth II seperti dilansir BBC:

06:30: Westminster Hall ditutup dan persiapan untuk membawa jenazah Ratu ke Westminster Abby dimulai.

08:00: Pintu Westminster Abbey mulai dibuka untuk para tamu undangan.

10:44: Peti mati Ratu dibawa menggunakan kereta pengangkut senjata milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang ditarik 142 pelaut ke Westminster Abbey untuk acara kebaktian.

Anggota senior Keluarga Kerajaan, termasuk Raja Charles III beserta putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry, akan ikut mengiringi kereta tersebut.

11:00: Kebaktian yang diperkirakan akan dihadiri oleh 2.000 tamu di Westminster Abbey dimulai.

Kebaktian akan dipimpin oleh Dekan Westminster David Hoyle, dengan Uskup Agung Canterbury Justin Welby memberikan khotbah. Perdana Menteri Liz Truss akan membacakan ayat dari Alkitab.

11:55: Menjelang akhir upacara, panggilan terompet pendek akan dimainkan diikuti mengheningkan cipta nasional selama dua menit.

12:15: Setelah kebaktian, kereta senjata akan membawa peti mati Ratu menuju Wellington Arch, di Hyde Park Corner London.

Big Ben akan berdentang dengan interval satu menit mengiringi arak-arakan tersebut. Salut senjata juga akan ditembakkan setiap menit dari Hyde Park.

  • Bagikan