Tegas! Kasat Lantas Polrestabes Makassar Akan Terus Lakukan Razia, Sasarannya Knalpot Bodong

  • Bagikan
Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Merespon adanya komplain dari masyarakat terkait adanya pengendara motor dengan knalpot bodong yang kerap mengganggu di jalan, Kepolisian melalui Satlantas Porestabes Makassar menggelar razia pada Minggu (18/9/2022) sekira puku 03.00 Wita.

Total kendaraan roda 2 sebanyak 12 unit dan 20 unit roda 4 yang diamankan petugas. Menurut Kapolrestabes Makassar Kombes Budhi Haryanto, pelanggaran yang dikenakan adalah pasal 285, 297, 280, dan 283. 

"Itu yang dilakukan oleh rekan-rekan kita Lalu lintas terkait dengan adanya knalpot brong. Knalpot yang rekan-rekan dengar sangat mengusik telinga kita," terang Kombes Budhi (18/9/2022).

Sementara itu Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda menuturkan akan tegas membuat jera para pemilik kendaraan yang memasang knalpot brong tersebut.

"Kalau selamanya kita menahan berlama-lama kita langsung menginsafkan, copot knalpotnya, ganti sesuai standar, dan kita minta yang bersangkutan untuk berkomitmen untuk insaf," tegas AKBP Zulanda (18/9/2022).

Tambahnya, untuk knalpot, para pemilik mobil diberikan kesempatan untuk merusak knalpotnya sendiri. Agar tidak ada asumsi knalpot yang dirazia akan dijual kembali, sebab kondisinya sudah rusak. 

"Jadi tidak ada lagi yang akan menjadi inspirasi dari masyarakat bahwa ini knalpotnya akan dijual kembali. Dan, saya ingin nanti masyarakat ada yang punya informasi, kirim kepada saya. Saya akan melakukan tindak lebih lanjut. 

Sesuai dengan pasal Pasal 285 ayat (1) jo Pasal 106 ayat 3 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Untuk roda dua dan empat berbeda. Roda dua dendanya, Rp 250 ribu, sementara roda empat Rp 500 ribu. 

  • Bagikan