FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Perkembangan digitalisasi di Indonesia yang sangat signifikan beberapa tahun belakangan mampu mendorong terciptanya ekosistem digital yang baik. Ditambah dengan adanya dorongan pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 telah meningkatkan penggunaan internet dan mempercepat adopsi digital pada kegiatan sehari-sehari.
Menurut laporan HootSuite dan We Are Social pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 204,7 juta jiwa pada awal tahun 2022, atau meningkat 2,1 juta dibandingkan awal tahun sebelumnya.
Pemerintah pun mendorong masyarakat untuk dapat beradaptasi menggunakan aplikasi digital dan meningkatkan kompetensi digital masyarakat agar masyarakat semakin dapat beradaptasi menggunakan teknologi digital. Salah satunya menggunakan sosial media sebagai alat promosi perusahaan atau brand.
Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar kegiatan webinar literasi digital untuk komunitas dan masyarakat di wilayah Sumatra dan sekitarnya telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 September 2022, pukul 10.00 - 12.00 WIB dengan tema “Tips Dunia Digital: Sosial Media Management”.
Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang dari berbagai kelompok masyarakat / komunitas di wilayah Sumatra yang menghadirkan narasumber Rizki Nugroho, Podcaster & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat; Syarif Maulana, Business Consultant & Praktisi Literasi Digital; serta Bayu Sutjiatmo, Ketua Prodi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital.
Dalam webinar tersebut, Syarif Maulana membahas tips sosial media manajemen ditinjau dari perspektif cakap digital. Menurutnya, sosial media management adalah suatu aktivitas pengelolaan, pengembangan dan perencanaan semua platform sosial media untuk memperkenalkan atau mempromosikan perusahaan atau brand.
“Terdapat 5 (lima) hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan sosial media manajemen. Pertama, pastikan majemen sosial media yang dilakukan dapat meningkatkan brand awareness. Kedua, gunakan sosial media sebagai alat promosi, informasi, dan berita yang praktis. Ketiga, utilisasi sosial media harus mampu meningkatkan penjualan. Keempat, gunakan sosial media untuk memperkenalkan usaha secara luas. Terakhir, selalu ingat bahwa media sosial itu merupakan cerminan kualitas dan jati diri brand. ", papar Syarif Maulana.
Bayu Sutjiatmo memperkaya pembahasan mengenai tips sosial media manajemen ditinjau dari perspektif etika digital. Sebagai satu aktivitas pengelolaan, pengembangan dan perencanaan sosial media platform yang memiliki tujuan untuk membantu peningkatan awareness dan penjualan sepatutnya menerapkan etika dalam berinternet dalam setiap proses kreatifnya.
“Ada 3 (tiga) hal yang perlu dilakukan agar tetap beretika dalam melakukan sosial media manajemen. Pertama, hindari membuat konten promosi yang negatif. Kedua, berikan informasi yang jelas agar mudah dimengerti dan tidak menimbulkan mispersepsi. Terakhir, selalu jujur dan hindari plagiasi dalam membuat konten pemasaran", jelas Bayu Sutjiatmo.
Rizki Nugroho melengkapi pembahasan mengenai tips sosial media manajemen ditinjau dari perspektif keamanan digital.
“Ada 3 (tiga) aktivitas sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan sosial media platform kita. Pertama, selalu mengaktifkan dan menggunakan pengamanan yang berjenjang kepada setiap platform kita. Kedua, selalu perbaharui password secara berkala. Terakhir, selalu waspada jika mendapatkan link atau web yang bukan dari sumber yang terpercaya”, ujar Rizki Nugroho.(msn/fajar)