Jika Anies – AHY Berpaket, PKS dan NasDem Dapat Apa?

  • Bagikan
Foto Jusuf Kalla, Anies Baswedan, AHY, Surya Paloh dan Ahmad Syaiku. (Twitter Yan Harahap)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni'matullah Erbe mengatakan sesuai hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), memang mendorong Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai satu-satunya calon dari Demokrat untuk maju di Pilpres.

"Tentang 01 atau 02, diserahkan sepenuhnya kepada majelis tinggi partai dan DPP untuk meramu dan mengkaji peluangnya," kata Ni'matullah, Senin (19/9/2022).

Terkait paket Anies, Ni'matullah mengatakan sangat menyambut baik dan sangat bagus. "Apalagi tagline kami yang diinisiasi di Rapimnas adalah 'Bersama rakyat untuk perubahan dan perbaikan'," ujar Wakil Ketua DPRD Sulsel itu.

Artinya, posisi di Demokrat jelas, mau berubah dan tidak bersama rezim yang berkuasa sekarang. "Termasuk isu koalisi, Demokrat terus intens dengan PKS dan Nasdem. Termasuk partai lainnya," katanya.

Sementara Ketua DPW PKS Sulsel Amri Arsyid juga mengatakan saat ini DPP PKS dengan tim khusus terus intens membahas koalisi. Sejauh ini diakui masih dinamis.

Akan tetapi, dia mengakui bahwa pembahasan mengarah ke Anies-AHY itu memang ada di PKS.

"Memang betul PKS ada mengarah ke situ. Kita semakin mengerucut. Tapi, kita belum menetapkan apa-apa. Baik koalisi dan capres," jelansnya.

Untuk hubungan PKS dan Anies, punya histori di Jakarta. Hanya saja saat ini berbeda karena konteks Indonesia. Bukan lagi level provinsi.

"Jadi kita butuh komitmen Pak Anies ke depan untuk mengakomodir semua kalangan," ucapnya.

AHY sendiri, PKS melihat dia adalah figur muda dan sama-sama sebagai partai oposisi. "Jadi ada kesamaan. Inilah kita pertimbangkan terus dan insyaallah di akhir 2021 ini PKS akan umumkan," Jelas Amri.

  • Bagikan