Pastikan Nama Batalyon 120 Berubah, Kombes Budhi: Supaya Masyarakat Tidak Berpikiran Negatif

  • Bagikan
Kombes Budhi Haryanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Penamaan Batalyon 120 sepertinya akan mengalami perubahan. Kombes Budhi Haryanto saat melakukan kunjungan media ke Graha Pena pada Minggu (19/9/2022), mengisyaratkan hal itu pasti akan berubah.

"Perubahan nama pasti yah supaya masyarakat juga tidak berpikiran negatif, tentunya esensi daripada program itu kan sama-sama kita pahami, merubah manusia negatif menjadi manusia positif," ujar Kombes Budhi kepada fajar.co.id. (19/9/2022).

Selain menyinggung perihal kemungkinan perubahan nama, Kombes Budhi juga banyak bercerita terkait dibentuknya Batalyon 120. Sebuah wadah pembinaan mantan pelaku kriminal untuk merubah gaya hidup ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, untuk meminimalisir tindak kejahatan di Makassar, tidak cukup dengan hanya melakukan patroli. Perlu sedikit melakukan hal yang berbeda. Membuat wadah, yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat pembinaan bagi mantan pelaku kriminal.

Menangani hal itu, Kombes Budhi mengaku melakukan diskusi dengan Forkopimda dan Dandim, bagaimana mencari solusi yang tepat. 

Budhi juga melakukan komunikasi dengan Rektor UNM. Melewati banyak hal, banyak proses, sehingga disimpulkan dan dibuatkan wadah yang dimaksud tersebut.

"Kita ikat saja menjadi satu wadah. Tujuannya itu, menarik orang negatif, kita kontak di situ, keluar jadi orang yang baik.

Dengan harapan hidup yang lebih layak kedepan. Kemudian dengan keberanian itu, saya mau uji apakah metode saya ini bisa dibenarkan secara sensitif," pungkasnya.

(Muhsin/fajar)

  • Bagikan