Sepakat Konsep Batalyon 120, Rektor UNM: Ide Mulia dari Kapolrestabes Makassar 

  • Bagikan
Rektor UNM, Prof Husain Syam dan Kapolrestabes Makassar Komjen Pol Budhi Haryanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam mendukung konsep dari Batalyon 120 bentukan Kapolrestabes Makassar, Komjen Pol Budhi Haryanto.

Menurut Prof Husain, konsep yang ditawarkan Budhi adalah ide yang mulia. Selain mengurangi kejahatan, anak jalanan yang gabung bisa mengurangi pengangguran.

"Kami menangkap konsep Pak Budhi, ide sangat mulia, berlian. Dikaitkan tugas kepolisian, tinggal kita bimbing frame ilmiah sehingga bisa diterima masyarakat,"kata Prof Husain kepada wartawan, Senin, 19 September 2022.

Konsep dasar dari pembentukan Batalyon 120 adalah merangkul para kriminal jalanan untuk disadarkan sekaligus dijadikan agen perubahan dan mengajak sesama untuk tidak melakukan kejahatan.

"Jadi masyarakat selama ini tidak jelas hidupnya, harus kita pikirkan, jadi solusinya anak muda ini dibuat komunitas atau wadah untuk diberdayakan, kemudian dibekali keterampilan bersama stakeholder Dinsos dan Disnaker,"ungkapnya.

Rektor dua periode ini menilai, jika konsep Batalyon 120 berhasil, maka bisa mengurangi angka kriminalitas di Makassar. Tidak menutup kemungkinan konsep ini bisa dipakai di daerah lain.

"Lebih muda menyadarkan kalau sebaya, kalau ini model dibuat dengan bagus, ini dijalankan, saya kira ini baru dan republik ini dan bisa dipakai,"tuturnya.

Meski begitu, Prof Husain mengatakan, konsep ini perlu dimatangkan lagi. Perlu dibenahi apa yang kurang dan menjadi evaluasi. Termasuk pemberian nama yang lebih ringan.

"Itu belum sempurna ini model, masih mencoba dicari metode, seperti apa yang akan terlibat di situ, tetapi ide dasar itu mulia sekali,"pungkasnya.

  • Bagikan