Shin Tae Yong Bawa Timnas Masuk Piala Asia 2023, Berikut Kiprah Indonesia di Piala Asia U-20

  • Bagikan
Selebrasi Marcelino Ferdinand Timnas Indonesia U-20

FAJAR.CO.ID, Timnas Indonesia U-20 asuhan Shin Tae Yong sukses mengamankan satu tiket ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Skuad Garuda menjadi pemuncak klasemen Grup F dengan raihan 9 poin.

Sebelumnya, Indonesia memiliki sejarah cukup apik di Piala Asia U-20. Garuda Nusantara sekali menjadi juara, dua kali runner up, sekali merebut posisi ketiga dan sekali meraih peringkat keempat.

Dilansir berbagai sumber, prestasi terbaik Indonesia terjadi pada 1961, kala ajang ini masih bernama AFC Youth Championship. Timnas Indonesia U-19 sukses menyabet gelar juara di Bangkok, Thailand pada turnamen yang terlaksana 10-20 April 1961.

Timnas Indoneisa U-19 kala itu ditukangi oleh pelatih Djamiaat Dhalhar dan hanya berkekuatan 18 pemain.

Para pemain itu antara lain: Hardi Purnomo, Faisal Jusuf, Sonny Sandra, Idris Mappakaja, Rasjid Dahlan, Ipong Silalahi, Agam, Djumadio, Andjiek Alinurdin, dan Bob Hippy. Lalu ada Kuswanadji, Pirngadi, Suwardjo, M Bogor, Saptono, Hussein, Suparno, dan Willem Souw.

Saat itu, 10 tim peserta dibagi dalam dua grup. Masing-masing juara grup langsung melangkah ke final.

Indonesia saat itu sukses keluar sebagai juara Grup A dengan catatan tak terkalahkan. Di laga perdana, Garuda Muda menaklukkan Vietnam Selatan 2-0.

Setelah itu, Indonesia ditahan imbang Korea Selatan 2-2. Indonesia menekuk Jepang 2-1, lalu ditahan Singapura 1-1. Indonesia keluar sebagai juara Grup A dengan catatan enam poin dari empat pertandingan. Di final, Indonesia bertemu dengan Burma (Myanmar) yang keluar sebagai juara Grup B.

  • Bagikan