Tanggapi Usul Nomor Urut Parpol Tidak Diubah, Desmond J Mahesa: Bu Mega pada Dukun, Gerindra Juga dengan Dukunnya

  • Bagikan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri merespons kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Desmond J Mahesa menanggapi usulan Ketua Umum PDI Perjuangan, agar nomor urut partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 tidak diubah.

Desmond mempertanyakan maksud dan tujuan dari pernyataan yang disampaikan Megawati tersebut.

“Bu Mega itu berpendapat mungkin hasil konsultasi dengan dukun ya? Ya, karena nomor 3 (nomor PDIP di Pemilu 2019) bagus, beliau sampaikan sesuai dengan pesan dukun kan,” kata Desmond di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI lantas berkelakar, pihaknya juga akan bertanya kepada dukun ihwal nomor keberuntungan Partai Gerindra di Pemilu 2024.

“Ya kita bertanya pada dukun, Bu Mega pada dukun, Gerindra juga dengan dukunnya,” ucap Desmond.

Meski demikian, Desmond meminta partai politik (parpol) untuk mengikuti aturan main yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Pemilu.

“Kita lihat ya, kan belum jelas pendapat pemerintah. Wawancara saja Kemenkumham, apa maunya pemerintah, nanti kita akan diskusikan apakah sesuai dengan nomor urut atau diundi lagi,” tegas Desmond.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan, pernah mengusulkan kepada lembaga penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU agar nomor partai politik peserta Pemilu tak diubah.

“Jadi dari pihak PDI Perjuangan, kami mengusulkan kepada KPU untuk melihat kembali, karena ini mengikat dengan masalah perundangan, tapi pengalaman dua kali Pemilu, sebenarnya yang namanya tanda gambar itu, nomer itu, sebenarnya saya katakan kepada bapak presiden, ketua KPU dan Bawaslu, bahwa itu terlalu menjadi beban bagi partai. Kan secara teknis, itu kan harus ganti lagi dengan bendera atau alat peraga yang begitu banyak,” ungkap Megawati, Jumat (16/9).

  • Bagikan