Berhasil Bawa 2 Kelompok Timnas ke Piala Asia, Ternyata Bukan Shin Tae-yong yang Pertama

  • Bagikan
Fakhri Husaini

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Keberhasilan Shin Tae Yong membawa dua kelompok Timnas Indonesia ke Piala Asia ternyata bukan pertama kali dan sudah pernah dilakukan oleh pelatih lokal.

Shin Tae-yong menjadi pelatih asing pertama yang sukses membawa timnas Indonesia kelompok umur melaju ke putaran final Piala Asia.

Menariknya Shin Tae-yong sukses membawa dua timnas kelompok umur sekaligus melaju ke ajang tersebut. Sebelum Timnas U-20, dia meloloskan Timnas senior ke Piala Asia 2023 pada Juni lalu.

Akan tetapi, sebelumnya sudah ada pelatih lokal yang berhasil menorehkan prestasi yang serupa.

Adalah Fakhri Husaini, sukses membawa timnas Indonesia U-16 dan U-19 melaju ke putaran final Piala Asia kelompok umur beberapa tahun lalu.

Saat itu, Timnas Indonesia U-16 asuhan Fakhri Husaini melaju ke putaran final Piala Asia U-16 2018 setelah menjadi juara Grup G babak kualifikasi.

Bahkan, di putaran final Rendy Juliansyah dan kawan-kawan mampu tampil gemilang dengan finis sebagai juara Grup G sebelum terhenti di perempat final usai kalah 2-3 dari Australia.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 dibawa Fakhri lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020 setelah finis sebagai juara Grup K, mengungguli Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste.

Meski begitu, Timnas U-19 gagal berlaga di Piala Asia U-19 2020 setelah pandemi Covid-19 menyerang kawasan Asia.(Erfyansyah/Fajar)

  • Bagikan