Geger! Jatah Makan Napi Lapas Salemba Hanya Nasi Tanpa Lauk dan Sayur, Begini Reaksi Kalapas

  • Bagikan
Video unggahan Instagram @jadetabek.info memperlihatkan jatah makanan napi Klas II A Salemba, Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Akun Instagram @jadetabek.info mengunggah video pengakuan salah seorang Narapidana kasus kriminal atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Salemba, Jakarta Pusat.

Dalam video tersebut diakui napi yang identitasnya dirahasiakan tersebut mengaku jatah makanan yang diberikan pihak Lapas kepada warga binaan setiap harinya sangat tidak layak.

Diperlihatkan rekaman berupa nasi cadong hanya berisi nasi putih saja tanpa lauk pauk.

Kepala Lapas Klas II A Salemba, Yosafat Rizanto membantah tuduhan seperti dalam video tersebut. Menurutnya, semua nasi cadong yang diberikan kepada narapidana setiap hari diberi lauk.

"Lauknya itu posisi di atas semua. Nasi dipisah karena kalau digabungkan pada saat pendistribusian dari dapur ke blok, nanti dia jatuh menyatu dengan nasinya. Nanti, jadinya tidak higienis lagi antara nasi dengan sayur, makanya dipisahkan,” kata Yosafat kepada wartawan, Rabu (21/9).

Saat sampai di blok, nasi cadong dibagi ke kamar masing-masing sesuai jumlah narapidana. Sesuai standar menu yang diberikan berupa nasi dan lauk pauk.

“Jadi videonya seakan-akan cuma telur tiga. Kalau telur digabungkan dalam ompreng, kan akan tertindih akhirnya pecah, sehingga tidak sesuai dengan apa yang kita sesuaikan dengan SOP makanya telurnya dibagikan langsung,” jelas Yosafat.

Ia menyebut video yang viral tersebut hanya separuh-separuh tidak seperti fakta sebenarnya yang terjadi.

"Makanya foto dan videonya cuma separuh-separuh padahal nggak seperti itu. Kan nggak mungkin kami ngasih makan nggak sesuai, pasti sesuaikan,” tegasnya. (jpc/fajar)

  • Bagikan