Loyalis Puan Maharani Bentuk Dewan Kolonel, Hasto Kristiyanto: Mana Ada di Dalam Partai, Struktur seperti Militer

  • Bagikan
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, partai politik harus terus menggembleng kadernya melalui proses yang sistemik, akademis, namun mengakar. Dalam setiap pelatihan kader, ilmu lapangan juga sangat penting. (istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto merespons pembentukan Dewan Kolonel oleh sejumlah loyalis Puan Maharani di DPR RI. Bahkan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut kaget mendengar dibentuknya Dewan Kolonel.

“Mana ada di dalam partai, struktur seperti militer. Jadi partai kan yang dikenal dewan pimpinan pusat partai, dewan pimpinan daerah, dewan pimpinan cabang, hingga anak ranting,” kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/9).

“Bahkan tadi pagi pun, ibu Mega ketika melihat di running text pada saat saya laporan ke beliau. Beliau juga kaget, dan kemudian ya akhirnya mendapat penjelasan bahwa tidak ada Dewan Kolonel,” sambungnya.

Hasto menegaskan, Fraksi PDIP di DPR RI merupakan alat kelengkapan partai untuk menjalankan fungsi-fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Karena itu, Hasto menegaskan tidak ada sebutan Dewan Kolonel di PDIP.

“Enggak ada!, kan saya sudah memberikan bantahan secara resmi bahwa Dewan Kolonel tidak ada. Karena kita adalah partai sebagai suatu institusi yang memperjuangkan kehendak rakyat,” tegas Hasto.

Terkait adanya dukungan Puan mengenai pembentukan Dewan Kolonel di Fraksi PDIP DPR, lanjut Hasto, merupakan sebuah bentuk kebebasan berekspresi. Terlebih, Puan sebagai Ketua DPR RI harus melihat suara masyarakat.

“Yang dimaksudkan mbak Puan adalah kebebasan di dalam berserikat, berkumpul. Beliau ini kan sosok demokratis, sosok yang di dalam pengeritan sebagai Ketua DPR itu kan melihat berbagai bentuk aspirasi-aspirasi yang ada. Tetapi, Dewan Kolonel tidak ada,” pungkas Hasto. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan