Tak Ada Exepsi dari Terdakwa Pengadilan HAM Paniai, Sidang Dilanjutkan Pemeriksaan Saksi Pekan Depan

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Terdakwa pada sidang perdana kasus HAM Paniai di Pengadilan Negeri (PN) Makassar pada Rabu (21/9/2022) tidak mengajukan exepsi, sehingga pada pekan depan dilanjutkan dengan sidang pemerikasaan saksi.

Kabarnya, sidang lanjutan akan digelar pada Rabu 28 September mendatang. Adapun pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyatakan telah menyiapkan saksi-saksi.

JPU juga meminta proses pembuktian minimal seminggu 2 kali. "Saksi masyarakat telebih dahulu kemudian lanjut ke saksi kepolisian," ujar JPU sebelum sidang ditutup oleh hakim.

Kuasa Hukum Terdakwa Syahril Cakkari mengatakan, terdakwa dari sisi locus dan tempus sudah dipahami. Oleh karena itu dari sisi formil exepsi pihak terdakwa tidak diajukan.

"Seperti yang diketahui teman-teman sekalian bahwa exepsi berkaitan dengan bantahan terhadap formil surat dakwaan. Kita sudah mendengarkan pembacaan dari JPU ini baik dari sisi uraian waktunya, uraian mengenai kejadiannya, locus dan tempusnya ini bisa kita pahami sehingga kita berkesimpulan untuk tidak mengajukan eksepsi," ujar Syahril Cakkari di depan awak media (21/9/2022).

Syahril menambahkan, diskusi dari terdakwa menganiaya, adanya kejanggalan dakwaan terhadap uraian keterangan yang disampaikan terdakwa pada saat penyidikan.

"Itu yang tidak dikutip secara baik di dalam surat dakwaan. Tetapi hal-hal seperti itu berkaitan dengan pembuktian perkara. Itu sudah masuk pada pembuktian perkara. Oleh karenanya kita menunggu proses pemeriksaan terdakwa ini untuk kita menguji dari sisi subtantif, dari sisi materil terkait kebenaran seluruh uraian yang diajukan oleh JPU," terangnya.

  • Bagikan