Tingkatkan Tingkat Ekonomi Masyarakat, Dosen USN Kolaka Gelar Pelatihan Pembuatan VCO

  • Bagikan
Pelatihan pembuatan VCO dari Dosen USN Kolaka

FAJAR.CO.ID, KOLAKA -- Sejumlah dosen Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggelar Program Kemitraaan Masyarakat (PKM).

Kegiatan tersebut menyasar kelompok Petani Kelapa Dua Putra di Desa Toari, Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka, pada Tanggal 21 Agustus 2022.

Pada kegiatan tersebut, para Dosen melakukan pembinaan kepada para petani kelapa dalam memproduksi virgin coconut oil (VCO).

Diketahui, VCO sendiri dapat menjadi penambah imun tubuh pasca melakukan vaksinasi covid-19.

Ketua tim PKM USN Kolaka, Saparuddin tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan kepada masyarakat petani kelapa tentang teknologi pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO).

Selain itu membantu masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan berkelanjutan dan pelatihan dalam pengolahan buah kelapa menjadi produk bernilai ekonomi tinggi.

"Serta, meningkatkan soft skill masyarakat petani kelapa dalam pengolahan buah kelapa menjadi produk Virgin Coconut Oil (VCO) yang bernilai ekonomi tinggi," ucapnya kepada fajar.co.id.

Ia pun menyebut kegiatan tersebut dilakukan melalui bimbingan teknis dari tim Dosen USN Kolaka kepada masyarakat.

"Dengan adanya Bimbingan Teknis dan pelatihan ini kiranya dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan para petani kelapa terkait dengan pemanfaatan Tanaman kelapa untuk prospek ke depannya," ucapnya.

Lebih lanjut, selain bimbingan teknis, kegiatan dilanjutkan dengan menyerahkan Produk VCO khas desa Toari yang sudah mempunyai desain label kemasan.

"Terimakasih kepada LPPM-USN Kolaka atas dukungan dan kesempatan kepada timnya untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, serta ucapan terimakasih kami kepada Dosen dan mahasiswa USN Kolaka yang ikut mendukung dan berpartisipasi, Ketua dan anggota kelompok petani kelapa dua putra, serta masyarakat yang terlibat dalam Bimbingan Teknis dan pelatihan," pungkasnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan