Lahirkan Anak Kelima saat Bertatus Napi 12 Tahun, Anita Vikaila: Alhamdulillah, Sehat Bayi Saya

  • Bagikan
Anita Vikaila menggedong buah hatinya seusai melahirkan di Puskesmas Porong, Sidoarjo. (Ahmad Reza/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA -- Anita Vikaila (AV) terus memandang bayi laki-laki yang digendongnya dengan tatapan haru. Narapidana Rutan Perempuan Kelas II-A Surabaya, Porong, itu lega karena anak kelima yang dia lahirkan di Puskesmas Porong, Rabu (21/9) pagi dalam kondisi sehat.

”Alhamdulillah, sehat bayi saya,’’ ujar perempuan 37 tahun itu. Bayi laki-laki tersebut memiliki berat 3 kilogram dan panjang 50 sentimeter. Bayi yang lahir pukul 10.15 tersebut belum diberi nama. ”Saat ini kondisi saya masih sakit, jadi belum kepikiran,’’ tuturnya.

Wanita yang masuk ke rutan pada Juli lalu itu mengeluh perutnya kesakitan sehabis salat Tahajud. Beberapa petugas berupaya membantu dengan membawanya ke ruangan khusus, lalu memanggil bidan.

Anita sendiri saat masuk ke rutan dalam keadaan hamil delapan bulan. Karena terus kontraksi dan pembukaan jalan lahir semakin besar, sekitar pukul 08.00 dia dibawa ke Puskesmas Porong. Proses persalinan berlangsung selama dua jam.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkum HAM Jatim Zaeroji turut senang dan lega atas lancarnya persalinan salah seorang napi rutan perempuan itu. ”Iya setelah ada keluhan itu, petugas yang jaga langsung bergegas, lalu kami bawa ke puskesmas dengan SOP yang berlaku,’’ ucapnya.

Bidan rutan memang memperkirakan bahwa napi tersebut bakal melahirkan pertengahan September. ”Waktu di rutan tadi katanya malah sudah bukaan empat,’’ ujar Zaeroji.

Anita divonis 12 tahun akibat kasus penipuan dalam jual beli 700 karton minyak goreng. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan