Pastikan Seluruh Wilayah Mengenal Rupiah, BI Akan Edarkan Uang Rp2,2 Miliar di Enam Pulau di Sulsel

  • Bagikan
KRI Sampari, kapal yang digunakan untuk mengedarkan uang di enam pulau

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Bank Indonesia (BI) Bekerjasama dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (lantamal) VI Makassar melakukan ekspedisi rupiah berdaulat.

Komandan Lantamal VI Makassar Kolonel Marinir Amir Kasman mengatakan, uang senilai Rp 2,2 Milyar ini akan disebarkan dengan menggunakan KRI Sampari di pulau terdepan, terluar dan terpencil.

“Enam pulau tersebut Pulau Bonerate, Pulau Jampea, Pulau Sarappo Lompo, Pulau Kapoposang, Pulau Rajuni dan Pulau Pasi Gusung,” paparnya saat ditemui di Wartawan di Lantamal VI Makassar, Kamis (22/9/2022).

Menurut Amir Kasman, kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan rupiah termasuk di pulau terpencil, terdepan dan terluar.

“Ini juga salah satu upaya untuk membangun rasa bangga dan rasa cinta terhadap rupiah,” jelasnya.

Kegiatan serupa Kata Amir Kasman, sudah dilakukan sejak 2011. Pihaknya sendiri merasa bangga atas keercayaan yang diberikan BI untuk bekerja sama dengan TNI AL.

“Kita tidak ingin ada pulau yang tidak pernah mengenal rupiah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana menjelaskan, hingga tahun 2021 BI bersama TNI AL telah melakukan 76 kali ekspedisi di 393 pulau di indonesia.

“Tahun 2022 akan sebanyak 16 kali di 81 pulau,” ungkapnya.

Kata Causa Iman Karana, yang menarik dari ekspedisi terakhir tahun 2022 yakni uang yang diadarkan.

“Uang diedarkan adalah uang emisi 2022,” tandasnya.

(Arya/Fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan