Pejabat Indonesia Diam-diam Berkunjung ke Israel, Jubir Kemenlu Jelaskan Begini

  • Bagikan
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah -- (ANTARA/Aria Cindyara )

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Media Timur Tengah melaporkan pejabat Indonesia dan delegasi Pakistan diam-diam menyambangi Israel. Mantan kepala Dewan Kriket Pakistan di antara mereka yang berkunjung. Meski begitu tak disebutkan siapa identitas pejabat senior Indonesia tersebut.

Kementerian Luar Negeri RI langsung bereaksi. Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah membantah hal itu. Ia menyebutkan sumber berita itu tidak benar.

“Berita ini tidak jelas rujukannya,” tegas Faizasyah secara virtual, Kamis (22/9).

Ia menegaskan bahwa posisi Indonesia tidak berubah. Laporan itu dinilai tidak bisa dipercaya.

“Dari sisi Kementerian Luar Negeri sebagai pemangku kebijakan luar negeri tidak ada langkah-langkah yang mengarah ke komoditas seperti itu,” kata Faizasyah.

Menurutnya, Indonesia tetap pada posisinya untuk mengacu pada penyelesaian damai antara Palestina dengan Israel. Indonesia tetap mendorong adanya solusi dua negara yang hidup damai dengan batas-batas wilayah.

Ia juga menekankan bahwa siapa pun yang disebutkan oleh media Israel secara unofficial tidak bisa merepresentasikan kepentingan Indonesia maupun mewakili pemerintah Indonesia. Siapapun yang melakukan kunjungan itu tidak resmi.

“Patut digarisbawahi bahwa siapa pun yang disebutkan secara unofficial (oleh media Israel), tidak bisa merepresentasikan kepentingan Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, menurut i24NEWS, seorang pejabat senior dari Indonesia berkunjung untuk bertemu dengan pejabat di kementerian luar negeri. Media Israel juga melaporkan bahwa delegasi pengusaha dan investor teknologi dan perdagangan Israel telah mengunjungi Indonesia pada bulan Agustus, dan bahwa perdagangan antara kedua negara telah mencapai USD 500 juta per tahun. (jpg/fajar)

  • Bagikan