Haid Berwarna Hitam, Waspadai Gejala Penyakit Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Darah haid berwarna merah cerah sudah pasti terlihat tidak menghawatirkan. Namun sebaliknya jika darah haid tiba-tiba berwarna pekat dan kehitaman, apakah itu Pertanda normal ?

Nah berikut penjelasannya menurut para ahli :

Menurut American Academy of Obstetricians and Gynecologists, haid atau menstruasi dapat menjadi penanda kesehatan reproduksi yang vital. Panjang siklus haid dan warna darah yang dikeluarkan dapat menjadi petunjuk tentang kesehatan tubuh.

Darah haid berwarna hitam merupakan Darah yang mengalami oksidasi, menyebabkan perubahan warna darah, dari merah terang menjadi coklat atau hitam. Bahkan dalam beberapa kasus, darah haid yang teroksidasi dapat menyerupai warnah bubuk kopi.

Dokter kandungan bernama dr. Rebecca Brightman, menjelaskan bahwa darah haid yang keluar dengan aliran yang lambat memiliki waktu untuk teroksidasi, yang membuat warnanya berubah menjadi coklat tua atau hitam. Darah haid berwarna hitam juga menandakan darah tersebut merupakan darah ‘tua’, yang berada di dalam tubuh terlalu lama. “Semakin tua darahnya, semakin gelap warnanya,” ucapnya.

Perlu diperhatikan, sebagian besar warna haid berwarna merah tua dan kehitaman dianggap “normal” atau “sehat”, Namun dalam beberapa gejala hal ini dapat menjadi indikasi adanya gangguan pada kesehatan reproduksi.

Adanya Benda yang Tersangkut atau Tertinggal di dalam Vagina

Darah haid berwarna hitam mungkin adalah pertanda adanya benda asing yang tersangkut di dalam vagina. Benda ini dapat berupa sisa tampon, kondom, ataupun alat kontrasepsi. Seiring waktu, benda ini mengiritasi lapisan vagina dan menyebabkan infeksi seperti Keputihan yang berbau busuk, akibat penyakit menular seksual, dan kemungkinan darah haid yang tertahan.

  • Bagikan