Luhut Bilang Orang Non Jawa Jangan Mimpi Jadi Presiden, Helmi Felis: Statemen Ini Jauh dari Nilai Pancasila

  • Bagikan
Helmi Felis

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Pegiat media sosial Helmi Felis yang pernah menghebohkan Indonesia dengan tudingannya terhadap banyaknya Rumah Makan Padang yang menjual rendang babi kembali mencuri perhatian.

Heli Felis menyentil pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan yang mengatakan, kalau bukan orang Jawa, jangan harap jadi Presiden.

"Statemen ini jauh dari nilai PANCASILA. Dan berpotensi memecah belah Bangsa.!," ujar Helmi dikutip dari unggahan twitternya, @HelmiFelis_ (23/9/2022).

Sebelumnya, Luhut Binsar Panjaitan pada saat berbincang dengan Rocky Gerung dalam kanal Youtube RGTV channel ID, Rabu (21/9/2022), menyarankan bagi tokoh yang ingin jadi presiden namun bukan bersuku Jawa, sebaik melupakan impiannya.

Menurutnya, saat ini tak mungkin tokoh non-Jawa terpilih jadi presiden, meski dia tak menampik beberapa puluh tahun mendatang keadaan bisa berubah.

Dia mengatakan, fakta antropologi masyarakat Indonesia saat ini masih sangat berorientasi kesukuan. Sebagai informasi, berdasarkan sensus penduduk pada 2010 lalu, mayoritas atau sekitar 40,22 persen masyarakat Indonesia bersuku Jawa.

Oleh sebab itu, Luhut menyarakan para tokoh non-Jawa yang ingin jadi presiden harus membaca fakta antropologi tersebut sebelum nantinya kecewa.

(Muhsin/fajar)

  • Bagikan