Terkubur Ratusan Tahun, Benda Bersejarah Ditemukan saat Pembangunan MRT Fase 2 di Glodok

  • Bagikan
Penemuan benda bersejarah yang terkubur ratusan tahun.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Benda bersejarah peninggalan zaman Belanda ditemukan di lokasi proyek pekerjaan MRT Jakarta fase 2A di kawasan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat.

Dari hasil penelitian para arkeolog, bangunan tersebut diduga sebagai saluran air yang dibangun pada abad ke-18, tepatnya pembangunan dilakukan pada tahun 1730 oleh VOC untuk memasok air bersih dari arah Selatan Jakarta.

"Kurang lebih panjangnya 400 meter ini, dan terbuat dari terakota, dilapisi batu bata berwarna kuning dan batu bata berwarna merah", ujar arkeolog dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Hingga saat ini sejumlah arkeolog dinas kebudayaan bersama pihak Kemendikbud, masih melakukan penelitian terhadap sejumlah bangunan kuno yang ditemukan.

Selain bangunan saluran air kuno, para arkeolog juga menemukan Artefak atau benda-benda bersejarah lainnya yang tertimbun ratusan tahun di bawah tanah Glodok Jakarta Barat.

Kemudian untuk tindak lanjut dari pembangunan fase dua MRT, benda bersejarah tersebut akan dibawa ke galeri MRT Jakarta untuk diteliti lebih lanjut. (riki/fajar)

  • Bagikan