Vina Amalia, Putri Kedua Mahfud MD Dilantik sebagai Dokter Spesialis FK Unair

  • Bagikan
Dokter Vina Amalia mencium tangan ayahny, Mahud M.D. (Roberttus Rikzky/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Suasana pelantikan dokter spesialis dan subspesialis di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) terlihat sedikit berbeda Kamis (22/9). Tidak hanya digelar secara offline, pelantikan tersebut juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD.

Sebab, putri keduanya juga dilantik bersama 139 lulusan program pendidikan dokter spesialis (PPDS) lainnya. Dia adalah dr Vina Amalia SpKFR MKed Klin, lulusan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

Meski berada di jalur yang berbeda, Mahfud mendukung karier sang anak sebagai dokter spesialis. Sebab, kebutuhan dokter spesialis di Indonesia masih tinggi. Apalagi, distribusi dokter spesialis di Indonesia juga belum merata. ’’Tujuan negara Indonesia salah satunya membangun kesejahteraan rakyat,” kata Mahfud setelah pelantikan dokter spesialis dan dokter subspesialis FK Unair kemarin.

Mahfud menambahkan, pemerataan dokter spesialis dan subspesialis di Indonesia menjadi bagian dari kebijakan dan solusi yang harus diatur oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). ’’Harapannya, lulusan PPDS bisa menjadi bagian dari solusi pemerataan dokter di Indonesia,” ujarnya.

Dekan FK Unair Prof dr Budi Santoso SpOG (K) mengatakan, total ada 140 lulusan PPDS 1 dan 2. Kehadiran Menko polhukam menjadi momentum spesial dan kebanggaan bagi FK Unair. Sebab, putrinya menjadi peserta PPDS yang juga ikut dilantik. ’’Ada sedikit spesial karena ada putri Menko polhukam yang dilantik,” ucapnya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan