Luhut Sebut Bukan Orang Jawa Harus Tahu Diri Jika Ingin Jadi Presiden, Tokoh NU Respons Begini…

  • Bagikan
Luhut dan Jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pernyataan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di channel YouTube Rocky Gerung, RGTV Channel, menuai kontroversi.

Di channel YouTube Rocky Gerung itu, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, soal mereka yang berambisi menjadi presiden harus tahu diri jika bukan keturunan Jawa. Menurutnya, itu dilihat dari perspektif antropologi.

"Apa harus jadi Presiden saja kau bisa ngabdi? Kan nggak juga, harus tahu diri juga lah, kalau kau bukan orang Jawa jangan terus, ini anu ini antropologi, kalau anda bukan orang Jawa, pemilihan langsung hari ini, saya nggak tahu 25 tahun lagi, udah lupain deh, nggak usah kita memaksakan diri kita, sakit hati, yang bikin sakit hati kita kan kita sendiri," tutur Luhut.

Tak hanya itu, Luhut juga mengaku mengurungkan niatnya, apalagi sebagai minoritas. "Yes, termasuk saya, betul saya, saya double minoritas, saya sudah Batak Kristen lagi. Jadi saya bilang sudah cukup itu, kita harus tahu, ngapain saya menyakiti hati saya, istri saya juga bilang 'kamu ngapain sih pah?', ya memang nggak mau, 'syukurlah haleluya' dia bilang, yaudah," beber Luhut.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan