Mau Cari Ini Tapi Munculnya Itu, Begini Tips Efektif dan Efesien Berselancar di Google

  • Bagikan
Ilustrasi Google

FAJAR.CO.ID--“Semua pengetahuan ada di genggaman kita.” Begitu ungkapan yang acap kali kita dengar.

Ungkapan itu tentunya tidak hadir dari pemikiran kosong, tapi memiliki makna yang mendalam. Jika ditelisik, bisa diartikan semua pengetahuan saat ini sudah ada di tangan kita, atau lebih tepatnya pada telpon tangan (handphone) kita.

Tidak bisa dinafikkan sejak era digital ini, orang-orang dulunya membawa buku ke mana-mana, atau membuka buku setiap mencari pengetahuan atau ilmu tertentu.

Saat ini, hanya cukup dengan membuka telpon genggam dan mengklik google. Lalu apapun yang ingin kita cari bisa kita dapatkan.

Namun sialnya, di dunia yang serba cepat, kadang kita tersesat dan akhirnya butuh waktu lama untuk mencari sesuatu yang ingin kita cari di pencarian google.

Berikut tips agar pencarianmu lebih efisien dan efektif:

  1. Gunakan tanda hubung (-) untuk mempersempit pencarian

Penggunakan tanda minus (-) juga dapat mempersempit pencarian. Sehingga pengguna dapat terhindar dari hasil pencarian yang tidak diinginkan. Misalnya, saat mencari “Aritmatika”, akan banyak sekali referensi ditemukan. Gunakan “Aritmatika-Matematika” untuk mempersempit pencarian.

  1. Gunakan tanda kutip (“…”)

Bila ingat kutipan seseorang di televisi atau sesuatu yang dibaca di buku, tetapi tidak ingat siapa yang berbicara atau halaman berapa kutipan tersebut berada, tanda kutip berguna untuk mencari kalimat dengan kata-kata yang sama dengan yang diketikkan.

Misalnya, kita mencari judul luisi dari quotes “Sekali berarti sesudah itu mati”, maka hasil pencarian yang akan keluar hanya berisi kalimat tersebut.

  • Bagikan